Selasa, 27 November 2012

Gigi Sehat, Badan Sehat

Apakah kesehatan mulut mempengaruhi kesehatan saya secara keseluruhan?
Berdasarkan penemuan, Infeksi di mulut dapat menyebabkan masalah di bagian tubuh lainnya
Masalah apa yang bisa timbul jika ada masalah dengan kesehatan gigi saya?
Masalah yang mungkin timbul yang disebabkan oleh rendahnya kesehatan gigi termasuk
•Penyakit Jantung
•Stroke
•Diabetes
•Bayi premature
•Penyakit pernafasan (paru-paru)
Bagaimana kesehatan mulut saya berdampak pada jantung saya?
Jika seseorang memiliki penyakit gusi, bakteri yang berada dalam mulut dapat masuk ke dalam saluran darah. Bakteri tersebut dapat langsung menyerang simpanan lemak yang terdapat pada saluran darah ke jantung, terjadilah penyumbatan. Penyumbatan darah dapat menurunkan aliran darah sehingga jantung tidak dapat nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan. Jika aliran darah buruk, hal ini dapat menyebabkan serangan jantung. Orang yang memiliki penyakit gusi memiliki kemungkinan dua kali besarnya terkena sakit jantung koroner.
Apa hubungannya penyakit gusi dengan stroke?
Beberapa penelitian menemukan orang yang terdiagnosa stroke kebanyakan memiliki penyakit gusi.
Bagaimana penyakit diabetes berdampak dengan kesehatan gigi saya?
Penderita diabetes memiliki kemungkinan menginap penyakit gusi dari pada orang yang tidak menderita diabetes. Hal ini dikarenakan penderita diabetes lebih retan terinfeksi.
Jika Anda memiliki diabetes, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap gusi Anda, karena hal itu dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini akan meningkatkan resiko terkenanya komplikasi.
Juga jika Anda penderita diabetes, proses penyembuhannya akan lebih lama. Jika Anda memiliki masalah dengan gusi Anda, segera diskusikan dengan dokter gigi Anda.
Dapatkah penyakit gusi berdampak bagi bayi di kandungan saya?
Wanita hamil yang memiliki penyakit gusi memiliki 7 kali resiko lebih besar memiliki bayi premature dan “low birth weight” bayi. Hal ini disebabkan penyakit gusi meningkatkan level carian biologi yang mendorong kelahiran. Riset mebuktikan wanita hamil yang kondisi kesehatan gusinya memburuk memiliki tingkat resiko premature lebih tinggi lagi.
Bagaimana bakteri dimulut berdampak pada saluran pernafasan saya?
Bakteri penyebab infeksi dalam dada disebabkan oleh tarikan nafas dari ternggorokan dan mulut ke dalam paru – paru. Infeksi yang disebabkan bisa berupa Pneumonia atau lebih buruk lagi. Penderita penyakit gusi memiliki tingkat bakteri yang lebih tinggi didalam mulut oleh karena itu santa mudah untuk terkena infeksi pada saluran pernafasan.
Apa tanda – tanda yang harus saya perhatikan?
Kunjungi Dokter gigi Anda jika Anda memiliki tanda – tanda dari penyakit gusi yaitu :
•Pembengkakan pada gusi, yang menyebabkan gusi merah, dan mudah berdarah
•Rasa tidak enak pada mulut
•Gigi goyang
•Infeksi gigi yang reguler
Apakah saya perlu beritahu dokter gigi saya tentang kesehatan saya secara garis besar?
Selalu berita tahu dokter gigi Anda mengenai kesehatan Anda secara garis besar. Sangat penting untuk memberitahu mereka jika Anda hamil, punya penyakit jantung, diabetes, penyakit saluran pernafasan atau jika Anda pernah mengalami Stroke. Anda perlu memberitahu mereka tentang obat apa saja yang Ada minum karena ada kemungkinan dapat berdampak dengan perawatan dan kesehatan mulut Anda.
Apakah penyakit gusi merupakan keturunan?
Walaupun ada beberapa bukti yang menyatakan penyakit gusi merupakan keturunan, tetapi penyebab utamanya adanya plak yang menempel pada gigi Anda. Untuk mencegah penyakit gusi, Anda perlu memastikan bahwa Anda membuang plak tersebut setiap hari.
Apa yang harus saya lakukan untuk mencegah penyakit gusi saya semakin parah?
Jika Anda memiliki penyakit gusi, biasanya dokter gigi Anda akan membersikan karang gigi yang ada. Hal ini memerlukan beberapa kali pertemuan.
Mereka juga akan memberitahu bagaimana menghilangkan plak di rumah dengan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Plak merupakan media yang baik untuk bakteri yang bersarang di gigi dan gusi.
Penyakit gusi tidak dapat disembuhkan. Tetapi asalkan Anda melakukan perawatan rumah dengan baik Anda dapat menurunkan resiko kembalinya lagi. Anda harus membersihkan plak gigi Anda seteiap hari dan melakukan check up berkala ke dokter gigi Anda dalam jangka waktu yang mereka anjurkan.
Dapatkah olahraga membantu mencegah penyakit gusi?
Berdasar penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang “fit” dan sehat menurunkan 40% ancaman infeksi gusi yang menyebabkan penyakit gusi. Ditemukan pula jika seseorang tidak berolah raga, tidak menjaga berat badan yang normal dan memiliki habit makan yang buruk maka tingkat resikonya menjadi tinggi.
Jika Anda serius menjaga kesehatan Anda dan juga gigi Anda, maka berolahraga, makan yang sehat dan jaga berat badan Anda
Apakah merokok memiliki dampak pada gigi dan gusi saya?
Merokok dapat menyebabkan penyakit gusi menjadi lebih parah. Perokok menghasilkan bakteri plak lebih banyak dari pada bukan perokok. Hal ini disebabkan karena dengan merokok berarti Anda mengurangi oksigen dalam aliran darah Anda, sehingga gusi yang sudah terinfeksi tidak bisa sembuh. Merokok juga membuat gigi berubah warna, gigi copot akibat penyakit gusi, mulut bau dan bahkan kanker mulut.

Source:
1. American Academy of Periodontology. British Dental Health Foundation
2.  http://www.sapphiredentalaesthetic.com/content/gigi-sehat-badan-sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar